Senin, 20 Februari 2017

1. PENGENALAN BAHASA C

1.1   SEJARAH BAHASA C.
 Akar bahasa C adalah bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun 1967. Bahasa C adalah bahasa standart, artinya suatu program yang di tulis dengan versi bahasa C tertentu akan dapat dikompilasi dengan versi bahasa C yang lain dengan sedikit modifikasi.
Beberapa alasan mengapa bahasa C banyak digunakan, diantaranya adalah sebagai berikut :
1)   Bahasa C tersedia hampir di semua jenis komputer.
2)   Kode bahasa C sifatnya portable
3)   Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata – kata kunci.
4)   Proses executable program bahasa C lebih cepat.
5)   Dukungan pustaka yang banyak.
6)   C adalah bahasa yang terstruktur.

1.2 PROSES LINKING DAN KOMPILASI BAHASA C.
Agar suatu program dalam bahasa pemrograman dapat dimengerti oleh komputer, program haruslah diterjemahkan dahulu ke dalam kode mesin. Adapun penerjemah yang digunakan bisa berupa interpreter atau kompiler. Interpreter adalah suatu jenis penerjemah yang menerjemahkan baris per baris instruksi untuk setiap saat.
Proses dari bentuk program sumber C (source program, yaitu program yang ditulis dalam bahasa C) hingga menjadi program yang executable (dapat dieksekusi secara langsung) ditunjukan pada gambar  di bawah ini

1.3  STRUKTUR PENULISAN PADA BAHASA C

Untuk dapat memahami bagaimana suatu program ditulis, maka struktur dari program harus dimengerti terlebih dahulu. Tiap bahasa komputer mempunyai struktur program yang berbeda. Struktur dari program C dapat dilihat sebagai kumpulan dari sebuah atau lebih fungsi – fungsi. Fungsi pertama yang harus ada di program C sudah ditentukan namanya, yaitu bernama main(). Suatu fungsi di program C dibuka dengan kurung kurawal ({) dan ditutup dengan kurung kurawal tertutup (}). Diantara kurung kurawal dapat dituliskan statemen – statemen program C. Berikut ini adalah struktur dari program C.
1.4  PENGENALAN PROGRAM BAHASA C
1.4.1 Pengenalan Fungsi Fungsi Dasar Pada C
a. Fungsi main ()    

Fungsi main ini harus ada pada program C, sebab fungsi ini menjadi titik awal eksekusi program.
b. Fungsi printf()

Fungsi printf adalah fungsi yang umum untuk digunakan menampilkan data ke layar, untuk menampilkan senangkomputer maka kode program yang ditulis seperti ini :  printf("senangkomputer");  
Pada contoh diatas adalah pemanggilan fungsi printf() dengan parameter berupa string, dalam bahasa C konstanta selalu diawali dan diakhiri tanda petik
("). Perlu juga diketahui pada bahasa C statement atau pernyataan selalu diakhiri dengan tanda titik koma (;). Tanda \ pada string mempunyai makna yang khusus, bisa sebagai penanda baris baru seperti \n. Jadi karakter seperti \n sebenarnya menyatakan sebuah karakter, contoh karakter yang diawali tanda \ adalah sbb:
\" Menyatakan petik ganda
     \\ Menyatakan karakter black slash

\t Menyatakan karater tab.
Format printf() dalam bentuk yang lebih umum

printf("string kontrol", daftar argumen);

String kontrol dapat berupa satu atau sejumlah karakter yang ditampilkan, ataupun berupa penetu format yang akan mengatur penampilan dari argumen yang terletak pada daftar argumen, berikut beberapa contoh penentu format:

%d untuk menampilkan bilangan  bulat integer
    %f Untuk menampilkan bilangan titik mengambang (pecahan)
    %c untuk menampilkan karakter
    %s untuk menampilkan string.
Contoh:
#include <stdio.h>
main()
{
printf("no: %d\n", 10);
printf("nama: %s\n", "senangkomputer");
printf("nilai: %f\n", 90.5);
printf("huruf" %c\n", 'A');
}


1.
5
  PENGENALAN PREPROCESSOR PADA C
#include adalah pengarah preprocesssor, dipakai untuk membaca file yang berisi deklarasi fungsi dan definisi konstanta. beberapa file judul disediakan dalam bahasa C dan file file ini mempunyai ciri ciri mempunyai ekstensi *.h misalnya pada program #include <stdio.h> Menyatakan pada kompiler untuk membaca file stdio.h pada saat melakukan proses kompilasi.
Bentuk umum #include:
#include <nama file>Kebanyakan program menggunakan file stdio.h (file I/O standard yang disediakan pada bahasa pemrograman C.

1.6 Komentar dalam Program C
Komentar dalam program dimaksudkan untuk dokumentasi supaya suatu program dapat dimengerti suatu saat nanti. program dalam bahasa c dimulai dengan /* dan diakhiri dengan */ 
Contoh:
/*contoh penggunaan komentar dalam bahasa c */
#include <stdio.h>
main()
{
printf("senangkomputer.blogspot.com\n"); //ini program printf pertama
printf("senangkomputer.blogspot.co.id\n"); //ini program printf kedua
}




0 komentar:

Posting Komentar